5 Tips Memilih Investasi yang Aman untuk Kebutuhan Masa Depan

 

Image : pixabay.com

Kalau kita berhitung tentang kebutuhan hidup tentu tak ada habisnya, bisa jadi semakin berjalannya waktu kebutuhan makin banyak. Seiring kemajuan zaman, gaya hidup semakin kompleks membuat orang memiliki banyak tuntutan untuk menunjang gaya hidupnya. Mustahil kita bisa memenuhinya kalau hanya mengandalkan income rutin yang kita dapat.

Oleh karena itu, salah satunya melalui investasi dirasa bisa memenuhi kebutuhan hidup yang cukup banyak tersebut. Dengan melakukan investasi kita bisa mendayagunakan uang yang kita miliki untuk mengimbangi kebutuhan yang semakin banyak. Selain itu, dengan melakukan investasi juga dapat melindungi aset yang kita miliki dari ancaman inflasi yang datangnya tak dapat diprediksi.

Investasi kini makin populer di kalangan masyarakat sebagai salah satu produk yang dipilih dalam perencanaan keuangan. Oleh karena itu tak heran kalau sekarang ini makin beragam jenis investasi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan jasa investasi. Jenis investasi cukup banyak macamnya, misalnya investasi tabungan berjangka atau deposito, emas, properti, saham dan sebagainya. Sedangkan dari jangka waktunya, investasi bisa untuk tujuan jangka panjang, menengah maupun pendek.

Lantas, apa saja tips yang perlu diperhatikan agar pilihan investasi aman? Berikut setidaknya 5 diantaranya yang perlu kita pahami bersama. Simak uraiannya!

1. Sesuaikan dengan tujuan investasi.

Anda dan orang lainnya mungkin tak sama tujuannya mengikuti investasi karena setiap orang memiliki profil investasi sendiri sendiri. Jenis investasi apa yang diminati, kemudian tentang jangka waktu investasi, tingkat risikonya, juga harapan tingkat return yang diinginkan.

2. Memilih produk investasi sesuai kebutuhan.

Kebutuhan setiap orang tentunya berbeda-beda dan masing-masing memiliki profil investasi tersendiri. Oleh karena itu seseorang bisa memilih jenis dan produk investasi yang cocok dengan dirinya sendiri. Jangan terpengaruh dengan pilihan orang lain, karena pilihan orang belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Memperhatikan aspek legalitas penjual produk.

Untuk menghindari permasalahan dikemudian hari, penting bagi Anda untuk mengetahui profil secara detail dari pihak penjual produk investasi. Sebelum Anda membeli produk yang Anda inginkan, terlebih dahulu pastikan soal perijinan dan bidang usahanya sudah lengkap. Perusahaan yang resmi tentu telah memiliki izin dari lembaga yang berwenang, misalnya Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan Kementerian Koperasi dan UKM).

4. Penting untuk memahami regulator.

Sama halnya dengan soal perijinan, memahami regulator yang mengawasi perusahaan penjual atau yang menawarkan produk investasi juga sangat penting. Hal ini perlu Anda lakukan untuk berjaga-jaga seandainya terjadi sesuatu masalah di masa mendatang.

5. Memahami soal ketentuan produk.

Penting bagi Anda untuk memahami secara seksama soal ketentuan yang berkaitan dengan produk yang Anda pilih. Dengan begitu Anda akan mengetahui dengan jelas dan lengkap hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen, manfaat yang didapat, biaya yang harus dibayar dan risiko yang berkaitan dengan produk atau hal-hal lainnya.

Nah, jika Anda mau memilih investasi jangka panjang maka deposito bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan memiliki deposito seakan Anda memiliki simpanan rasa investasi yang tentu saja ini akan mendukung perencanaan keuangan Anda di masa depan. Tak repot jika Anda akan memilih investasi jenis ini karena DepositoBPR by Komunal siap memenuhi kebutuhan Anda. Investasi yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya tingkat risiko yang rendah, bunga cukup tinggi hingga 6,25% p.a dan seperti bank umum lainnya juga di jamin oleh LPS hingga 6,25%.

Pastinya Anda tak perlu banyak pertimbangan lagi untuk merealisasikannya, karena nyata #LebihAman #LebihUntung #LebihPraktis. Memilih investasi DepositoBPR by Komunal terasa memiliki "Simpanan rasa Investasi". Segera saja Anda daftar sekarang DepositoBPR by Komunal jangan sampai terlewat kesempatan bagus ini.

Ayo berinvestasi untuk masa depan yang lebih cerah!

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes