Mengapa Mobil Anda Butuh Spooring dan Balancing? Ini Dia Jawabannya!

 

Image : istockphoto.com


Terlepas dari kondisi kendaraannya apakah mobil baru ataupun mobil bekas, perawatan yang tepat selalu dibutuhkan. Salah satunya yaitu perawatan pada kemudi mobil, alias steering. Pasalnya, sistem kemudi berperan penting untuk mengatur arah kendaraan saat Anda menyetir. Jika ada masalah pada sistem kemudi, tentu kenyamanan Anda selama berkendara jadi berkurang, kan? Oleh sebab itu, salah satu cara yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kenyamanannya adalah dengan melakukan spooring dan balancing
 

Apa Itu Spooring dan Balancing?

Spooring dan balancing sama-sama dilakukan untuk menyetel kembali posisi roda-roda kendaraan, yang dikendalikan oleh steering wheel saat Anda menyetir. Tahap yang dilakukan terlebih dahulu adalah spooring, yaitu menyelaraskan atau menyeimbangkan roda-roda mobil yang letaknya berlawanan. Singkatnya roda depan kiri dan kanan, serta roda belakang kiri dan kanan, semua wajib selaras dan seimbang.

Lalu, seberapa sering Anda perlu melakukan spooring dan balancing? Idealnya, Anda perlu lakukan spooring dan balancing setiap 4 bulan sekali atau setiap 15.000 km, mana yang lebih dulu Anda capai.


Fungsi dan Tujuan Spooring dan Balancing

Tujuan dari spooring dan balancing adalah menyelaraskan roda kiri dan kanan mobil agar roda dan ban sama-sama dalam kondisi stabil, terlebih dalam situasi di mana kendaraan melaju dengan cepat. Di samping itu, spooring dan balancing juga dilakukan agar keausan ban rata di semua ban, depan-belakang dan kanan-kiri. Dengan demikian, terjadinya efek limbung yang bisa membahayakan Anda, penumpang, maupun pengguna jalan lainnya bisa dihindari.


Mengapa Spooring dan Balancing Penting

Bagi Anda yang memutuskan membeli mobil second atau bekas, selalu ada kemungkinan bahwa sudut kelurusan roda sudah menyimpang karena kaki-kaki yang aus dan usia kendaraan. Oleh karena itu, spooring dan balancing jadi hal penting yang wajib Anda lakukan begitu Anda membawa pulang mobil. Kemudian, lakukan spooring dan balancing secara rutin dan berkala.

Dengan spooring dan balancing, risiko ketidakseimbangan roda kanan dan kiri yang memicu mobil jadi terasa berat sebelah atau bahkan limbung pun bisa diantisipasi. Tak hanya itu saja, spooring dan balancing juga bisa menjaga keselamatan Anda di musim hujan. Sebab, Anda akan lebih sering melaju di atas jalanan yang basah dan licin begitu musim hujan tiba.

Nah, itu dia rangkuman informasi penting tentang spooring dan balancing. Semoga informasi di atas bisa bantu Anda rawat kendaraan dengan lebih baik, ya! 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes