5 Cara Hentikan Bunyi Perut yang Bisa Dicoba



Dalam dunia medis, bunyi perut berupa geraman disebut sebagai borborygmi. Menurut situs kesehatan Healthline, hal ini umumnya disebabkan oleh rasa lapar, proses pencernaan yang tidak sempurna, juga tanda penyakit pencernaan lain. Meski begitu, kondisi ini tergolong sebagai hal normal dan dapat terjadi pada siapa pun. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir sampai harus pakai pertanggungan dengan premi asuransi kesehatan keluarga murah Anda bila anak atau pasangan Anda mengalami kondisi ini. Sebaliknya, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghentikan bunyi perut itu.

1. Minum air putih

Cara mudah pertama adalah minum air putih. Jika tidak punya makanan atau sedang tidak bisa makan, Anda bisa redamkan bunyi dengan menegak air putih. Melansir laman Healthline, cairan ini dapat meningkatkan proses pencernaan sekaligus mengisi perut sehingga dapat meredakan reaksi lapar. Sebagai catatan, minum air putih perlu dilakukan sepanjang hari, bukan ditenggak sekaligus ketika perut berbunyi saja, ya.

2. Makan perlahan

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu penyebab bunyi perut adalah proses pencernaan yang tidak sempurna. Oleh sebab itu, disarankan untuk makan dengan perlahan. Dengan melakukan ini, niscaya lambung tidak akan cepat kosong dan bunyi perut bisa hilang.

3. Makan lebih teratur

Jika Anda, anak Anda, atau pasangan Anda mengalami bunyi perut di jam-jam yang sama setiap harinya, mungkin sudah waktunya mengubah pola makan. Ya, Anda bisa mengubah pola makan besar 3 kali sehari menjadi 4 atau 6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil. Pemendekan rentang jam makan ini akan membuat makanan dalam perut Anda tidak lekas pergi. Walhasil, rasa lapar tidak akan lebih cepat datang dan bunyi perut bisa berkurang.

Laman Healthline juga menyebutkan bahwa trik ini bisa meningkatkan metabolisme dan pencernaan tubuh, mengurangi bunyi perut ketika proses pencernaan berlangsung, dan mencegah Anda merasa lapar terlalu sering.

4. Kunyah makanan dengan perlahan

Proses pencernaan yang tidak sempurna juga bisa disebabkan oleh cara mengunyah yang kurang tepat. Sebab makanan yang tidak terkunyah dengan sempurna akan menambah beban perut untuk mengolahnya dalam pencernaan. Untuk itu, mulailah untuk mengunyah makanan dengan perlahan dan menyeluruh. Setidaknya, setiap suapan sendok perlu dikunyah hingga 33 kali agar gangguan pencernaan dan gas dapat berkurang. Dengan begitu, bunyi perut pun ikutan menghilang.

5. Bergerak setelah makan

Menggerakkan tubuh setelah makan ternyata juga dapat menghilangkan bunyi perut. Sebab, aktivitas gerak seperti berjalan-jalan usai makan dapat membantu makanan cepat turun ke perut hingga sistem pencernaan. Akibatnya, proses pencernaan dalam tubuh akan lebih cepat selesai. Penelitian menunjukkan berjalan-jalan sekitar setengah mil (500 meter) bisa membantu proses pengosongan lambung secara signifikan.

Itu dia lima cara untuk menghilangkan bunyi perut karena rasa lapar maupun gangguan pencernaan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes