Tabungan Pendidikan, Solusi Orang Tua Bijak Menyiapkan Masa Depan Anak


Apakah Anda termasuk orang tua yang sedang mempersiapkan dana pendidikan untuk anak? Jika jawaban Anda ya, maka berbahagialah Anda, karena Anda sudah termasuk dalam golongan orang tua yang bijak. 



Tak ada orang tua yang menyangkal jika pendidikan menjadi salah satu kunci masa depan anak sehingga sudah semestinya menjadi prioritas yang perlu dipersiapkan sejak dini. Mengapa demikian? Tentunya sebagai orang tua kita semua sudah paham dan sudah menjadi rahasia umum jika biaya pendidikan itu tidaklah murah. Lebih dari itu biaya pendidikan selalu naik dan semakin mahal setiap tahunnya.

Faktanya memang demikian. Namun, bagaimanapun mahalnya pendidikan, sebagai orang tua Anda pasti tak akan menyerah. Tak ada satupun orang tua yang tak mengharap kesuksesan anaknya. Semua orang percaya, dengan pendidikan anak mereka dapat meraih masa depan dengan kesuksesan.

Untuk mencapai itu, banyak orang tua kemudian menyisihkan sebagian dananya dengan menyimpan untuk persiapan pendidikan bagi buah hatinya di kelak kemudian hari. Untuk kepastian dan jaminan biaya pendidikan anak mereka kelak, banyak orang tua pada akhirnya menjatuhkan pilihannya dengan cara menabung melalui tabungan pendidikan anak.

Anda perlu memahami bahwa tabungan pendidikan berbeda dengan asuransi pendidikan. Bedanya adalah jika asuransi berkaitan dengan premi dan lebih mengutamakan fungsi proteksi, maka tabungan lebih mengutamakan fungsi investasi. Beberapa ciri dari tabungan pendidikan, yaitu antara lain :
  • Merupakan produk keuangan yang dikeluarkan bank
  • Berlaku sistem bunga sehingga bisa berbeda antar bank
  • Jumlah setoran fleksibel bisa disesuaikan dengan kemampuan dan tujuan pendidikan
  • Jangka waktu bisa disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang akan dicapai

Bagi Anda yang merasa tabungan pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak untuk saat sekarang, tentu tidak ada salahnya jika Anda segera membuka rekening jenis tabungan satu ini. Dengan langkah ini, maka bisa membuat persiapan keuangan keluarga Anda lebih matang pemenuhan kebutuhan keluarga lebih terarah.

Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak :

1. Lakukan pembukaan rekening tabungan dengan segera

Semua memahami jika biaya pendidikan itu mahal, maka perlunya untuk mempersiapkan tabungan secepat mungkin sebelum kebutuhan keluarga lainnya juga mendesak untuk dipenuhi. Dengan langkah demikian tentunya kesiapan dana pendidikan juga akan semakin baik.

2. Sesuaikan dengan jenis pendidikan

Hal ini penting untuk memperkirakan kebutuhan biaya pendidikan yang perlu ditabung. Besar-kecilnya biaya tentu akan tergantung jenis pendidikan yang akan dipilih untuk anak Anda. Sebagai contoh, pilihan sekolah negeri tentu akan berbeda dengan swasta, lokasi sekolah juga akan mempengaruhi dan sebagainya.

3. Pembayaran biaya pendidikan di muka

Ada beberapa sekolah yang memberlakukan pembayaran biaya pendidikan di muka. Sebagai imbal baliknya peserta didik akan mendapat potongan biaya atau diskon. Jika hal ini bisa dilakukan tentu akan memberikan keringanan biaya bagi Anda. Oleh karenanya cara ini perlu dipertimbangkan.

Nah, itulah sekilas tentang tabungan pendidikan anak yang penting untuk Anda ketahui dan pahami. Tentu wajib Anda pertimbangkan karena pentingnya arti pendidikan bagi anak Anda demi masa depannya. Namun jangan lupa, selain tabungan pendidikan, orang tua juga perlu mengawasi anak-anaknya agar giat belajar. Tidak bisa salah satu saja yang berjalan, keduanya harus bisa berjalan beriringan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes