Lindungi Anak dan Keluarga Anda dari Bahaya Kabut Asap dengan Essential Oils




Tak dapat dipungkiri, bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan seperti yang terjadi saat ini sudah menjadi rutinitas tahunan yang selalu mengepung sebagian wilayah negara kita, terutama di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Kondisi ini di diperparah dengan munculnya kekeringan yang melanda beberapa daerah di Indonesia karena musim kemarau yang berkepanjangan. 

Bagaimana dampaknya bagi kesehatan?


Menurut Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama SpP(K), selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI seperti dilansir viva.co.id, secara umum kabut asap dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik yang dalam kondisi sehat maupun sakit. Pada kondisi kesehatan tertentu, seperti orang dengan gangguan paru dan jantung, lansia, dan anak-anak akan menjadi lebih mudah mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap dibandingkan orang lain.

Lebih lanjut dijelaskan, ada beberapa jenis gangguan kesehatan akibat kabut asap kebakaran hutan‎, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengakibatkan Iritasi

Kabut asap dapat menyebabkan iritasi lokal atau setempat pada selaput lendir di hidung, mulut dan tenggorokan yang memang langsung kena asap kebakaran hutan. Juga bisa menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi.

2. Gangguan pada mata dan kulit 

 
Iritasi juga dapat terjadi pada mata dan kulit, yang langsung kontak dengan asap kebakaran hutan, sehingga bisa menimbulkan keluhan gatal, mata berair, peradangan dan infeksi yang memberat.

3. Memperburuk penyakit kronis

Dampak kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik. Karena asap kebakaran hutan akan masuk terhirup ke dalam paru‎. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.

4. Menurunkan fungsi paru-paru

Kabut asap bisa membuat kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi berkurang, sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi. ‎Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, utamanya karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus dll penyebab penyakit (agent) dan buruknya lingkungan (environment)‎‎‎.

5. Menyebabkan timbulnya penyakit lain 

 
Bahan polutan yang terkandung dalam asap kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi. Kalau kemudian air dan makan‎an terkontaminasi itu dikonsumsi masyarakat, maka bukan tidak mungkin terjadi gangguan saluran cerna dan penyakit lainnya.

6. Memperburuk penyakit kronik

Berbagai penyakit kronik di berbagai organ tubuh, seperti jantung, hati, ginjal dan yang lainnya dapat saja bertambah buruk. Ini terjadi karena dampak langsung‎ kabut asap, maupun dampak tidak langsung di mana kabut asap menurunkan daya tahan tubuh dan juga menimbulkan stres. 


Bagaimana dengan anak-anak Anda? 

 

 


Bagi Anak-anak dengan daya tahan tubuh rendah tentu akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan akibat asap kebakaran hutan. Untuk itu selalu di dalam rumah saat asap datang adalah salah satu cara antisipasi yang baik. Apabila terpaksa harus keluar rumah, sebaiknya selalu sediakan masker untuk dikenakan, misalnya saat pergi ke sekolah, mengendarai motor dan aktivitas lainnya. Jangan lupa pastikan pula untuk selalu rajin mengganti masker setiap akan mengenakannya.

Nah, agar sistem imun anak menjadi kuat dan tidak mudah terpapar oleh bakteri, virus, dan kuman lain dari asap kebakaran hutan, Anda bisa menjadikan Bonnels Essential Oils varian Immune Booster guna memproteksi anak Anda dan keluarga dari berbagai bahaya penyakit. Tidak hanya menyehatkan, kandungan di dalam Essential Oils ini juga dapat membersihkan udara yang kotor dalam ruangan rumah. Cukup teteskan 3-5 tetes essential oils Bonnels, Anda dan keluarga sudah bisa merasakan manfaatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes