Cerdas Memilih Baju Lebaran 2019, 5 Hal ini yang Perlu Anda Pertimbangkan



Sebentar lagi hari raya Idul Fitri 1440 H atau dikenal dengan lebaran akan tiba. Bisa jadi lebaran menjadi moment paling akbar yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Bisa dimaklumi karena lebaran adalah salah satu hari raya bagi umat muslim yang menjadi mayoritas penduduk di negara kita. Saat menjelang lebaran, sudah menjadi tradisi yang selalu dilakukan masyarakat kita untuk menyiapkan baju lebaran. Berbagai pusat perbelanjaan akan selalu ramai diserbu masyarakat yang ingin membeli baju lebaran 2019.

Menyiapkan baju lebaran hanya salah satu dari sekian banyak kesibukan masyarakat dalam menyambut datangnya hari raya lebaran. Kesibukan lain yang tak kalah pentingnya misalnya seperti, menyiapkan hidangan dan kue lebaran, silaturahmi dengan keluarga dan tetangga, rekreasi ke tempat-tempat wisata dan inti dari lebaran itu sendiri yaitu sholat ied.

Meski banyak yang mengatakan bahwa hari raya tak mesti baju baru, namun tentu akan terasa ada yang kurang tanpa tradisi yang satu ini. Apalagi bagi anak-anak, tradisi ini hampir bisa dikatakan wajib. Apabila tidak disiapkan biasanya anak akan menuntut untuk dibelikan, sedangkan bagi orang tua sendiri ada rasa kasihan juga kalau tidak dipenuhi.

Bagaimana dengan para ibu atau kaum perempuan?

Tidak bisa dipungkiri, biasanya yang paling semangat ketika berburu baju lebaran adalah para wanita. Anda bisa lihat, saat hari-hari akhir puasa, mal dan toko pakaian akan didominasi oleh ibu-ibu yang siap untuk memilih dan membeli baju baru. Tentu tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk anggota keluarga yang lain.

Sekedar mengingatkan bagi para ibu dan kaum wanita yang ingin membeli baju baru, sebaiknya Anda perlu bersikap bijak. Dengan mempertimbangkan tetap menjujung tinggi nilai-nilai keagamaan, berikut 5 hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih baju untuk lebaran.

1. Model harus sopan

Harus disadarai bahwa lebaran merupakan hari raya keagamaan umat islam, maka tentunya Anda dalam memilih model baju untuk dikenakan saat hari raya harus yang sopan. Untuk itu hindari model pakaian yang pendek, terbuka, ketat, dan menerawang. Kalau misalnya blus yang disukai ternyata modelnya tanpa lengan atau bahannya menerawang, bisa kita atasi dengan mengenakan manset di dalamnya.

2. Pilih bahan yang adem dan menyerap keringat

Kondisi iklim tropis seperti di negara kita memang cukup panas dan bisa membuat badan banyak berkeringat. Lebaran dengan baju muslim seperti model gamis yang tertutup tentu akan cenderung bikin Anda merasa gerah. Untuk itu Anda perlu memilih pakaian yang bahannya adem dan bisa menyerap keringat. Disamping itu pastikan kalau model pakaian yang Anda kenakan cukup nyaman dipakai.

3. Memakai kerudung bagi yang belum berhijab

Mungkin Anda belum berhijab atau tidak setiap hari mengenakan baju muslim, maka memakai kerudung untuk penutup kepala bisa Anda kenakan sebagai solusinya. Untuk keperluan ini, Anda bisa memilih kerudung yang warnanya senada dengan pakaian. Atau kalau pakaiannya banyak warna, ambil satu warna yang dominan di pakaian dan gunakan untuk warna kerudung sehingga baju lebaran Anda bisa nampak serasi.

4. Tidak perlu Mahal

Salah satu nilai keagamaan yang perlu kita ambil hikmahnya adalah kesederhanaan. Oleh karenanya, untuk urusan baju kita tidak perlu bermewah-mewah saat lebaran karena bisa jadi menyimpang dari arti perayaan lebaran yang sesungguhnya. Jadi, jangan memaksakan diri membeli pakaian yang mahal padahal uang kita terbatas. Lebih baik membeli yang sederhana namun tetap cantik.

5. Mengikuti tren

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengikuti tren, untuk itu Anda sebaiknya pilih model yang cantik namun simple menyesuaikan dengan suasana lebaran. Tidak perlu yang glamour dengan payet mengkilat di sana sini. Lebih baik pilih yang memiliki hiasan bordir untuk tampilan yang manis atau desain yang unik agar tampil beda.

Itulah beberapa pertimbangan dalam memilih baju lebaran 2019 agar lebih bermakna, tidak hanya menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan namun juga bisa nyaman dan tetap bisa tampil cantik, tidak ketinggalan tren yang sedang popular saat ini.

Tidak ingin repot dan berjubel di toko pakaian atau pusat perbelanjaan, Anda bisa membeli baju lebaran secara online. Kini telah banyak toko online yang menawarkan berbagai macam model baju sesuai keperluan Anda. Salah satunya Anda bisa mengunjungi di situs blibli.com.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes