Bikin Smartphone Lekas Rusak, Hindari 5 Kebiasaan ini!


Banyak orang tentu setuju, jika saat ini smartphone adalah sesuatu yang dimiliki hampir semua orang. Tidak hanya sebagai alat komunikasi seperti fungsinya yang lama, smartphone memiliki fungsi yang mendukung kehidupan sehari-hari.

Namun, tidak sedikit orang yang tidak terlalu mengenal prosedur penggunaan smartphone untuk bertahan lama dan tidak cepat rusak.

Sebagian besar hanya tahu tentang menggunakan smartphone asal-asalan. Bahkan, smartphone juga harus dirawat dan memiliki sejumlah trik agar bisa digunakan dengan daya tahan.

Bahkan, ada beberapa kebiasaan pengguna smartphone yang sering dilakukan, dan tanpa disadari kebiasaan ini justru dapat membuat kinerja perangkat menurun.
Untuk itu, berbagi tips agar smartphone kamu awet dan tahan lama berdasarkan dari kebiasaan yang dilakukan pengguna smartphone. Apa saja? Berikut caranya sebagaimana dikutip dari Brilio.

1. Abaikan cache

Seringkali pengguna mengabaikan apa itu cache. Bahkan jika dibiarkan menumpuk, itu jelas akan mengganggu kinerja Android.

Cara menghapus cache juga sangat mudah. Anda hanya perlu pindah ke Pengaturan -> Penyimpanan -> Data Tembolok -> lalu hapus cache yang ingin Anda hapus.

2. Abaikan Memori Internal

Pengguna smartphone Android juga tidak terlalu memperhatikan pentingnya menjaga ruang memori internal. Mereka pasti gemar menyimpan file di perangkat sampai ruang memori internal mereka penuh.

Nah, biasakan untuk tidak menyimpan file hingga penuh di memori internal jika Anda tidak ingin ponsel cerdas Anda mendapatkan kesalahan dan mati mendadak.

Ingatlah bahwa ponsel cerdas Anda membutuhkan ruang kosong untuk sistem yang berjalan di latar belakang. Paling tidak, sisakan ruang 1GB atau 2GB agar sistem bekerja secara optimal.

3. Menyimpan terlalu banyak foto


Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna smartphone.

Apalagi saat ini semua orang suka mengambil foto, tetapi foto yang diambil sebenarnya memenuhi album default di smartphone. Jika itu masalahnya, sistem pasti membutuhkan sedikit waktu untuk membaca semua foto dan video, akibatnya ini dapat memaksa RAM smartphone untuk bekerja ekstra.

Untuk menghindari hal ini, gunakan aplikasi Foto Google karena foto dan video yang tersimpan di dalamnya menggunakan memori bawaan dari Foto Google.

4. Abaikan RAM

Pengguna seringkali tidak menyadari bahwa RAM smartphone telah melebihi kapasitas penggunaan.

Biasanya, ini disebabkan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau permainan yang terlalu banyak dimainkan untuk spesifikasi smartphone Anda.

Karena itu, biasakan meninggalkan ruang RAM RAM untuk kinerja yang optimal.

5. Memeriksa Smartphone Saat Tidur Malam

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone adalah mengecek perangkat saat tidur. Kebiasaan ini, pada kenyataannya, dianggap berbahaya bagi perangkat.

Ketika Anda sering melakukan kebiasaan buruk ini, bisa dikatakan usia baterai ponsel cerdas Anda akan berkurang. Karena lamanya pengisian baterai ponsel cerdas saat perangkat tidak dimainkan secara umum hanya membutuhkan waktu satu hingga dua jam.

Jadi, ketika pengguna mengisi daya smartphone saat memainkannya, itu pasti akan memaksa perangkat dengan daya yang berlebihan.

Karena itu, cobalah untuk tidak mengisi daya perangkat saat tidur. Cobalah untuk mengisi daya smartphone saat dimatikan sepenuhnya.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes