Agar Flashdisk Tak Cepat Rusak, Ini Tips yang Perlu Anda Ikuti


Seringkali di tengah deretan layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Dropbox atau Google Drive, keberadaan flashdisk masih penting. Salah satunya adalah mencetak spanduk, atau tugas cetak dalam pencetakan tanpa harus repot-repot masuk email.

Tidak hanya itu penting, bentuknya yang kecil dan dapat menampung hingga kapasitas hingga ratusan gigabyte, menjadikan flashdisk masih menjadi media penyimpanan yang penting untuk aktivitas digital kita sehari-hari.

Oleh karena itu, kepemilikan flashdisk adalah wajib dan kami harus bertahan agar tidak rusak. Nah, berikut ini adalah serangkaian tips agar penggunaan flash drive lebih awet, ikuti ulasannya.

1. Do 'Safely Remove'

 
Penghapusan aman USB flashdisk telah disediakan pada OS Windows, yaitu "Safely Remove Hardware" yang dapat Anda temukan di panah sudut dekat jam. Fitur 'penghapusan aman' ini adalah peringatan untuk OS sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Ini termasuk pemutusan proses penulisan yang dilakukan pada drive, memperingatkan berbagai program di komputer bahwa drive ini akan segera menghilang, dan mengingatkan pengguna jika program tidak lagi melakukan 'tindakan' pada file yang masih tersimpan di drive.

2. Tidak Mengedit File Langsung Dari Flashdisk

 
Flashdisk sebenarnya memiliki usia yang terlihat dari jumlah proses tulis dan baca yang dimilikinya. Biasanya, flashdisk akan mulai rusak setelah lebih dari 100.000 entri dibaca dan ditulis.

Sekarang, untuk memperlambat kedatangan periode ini, Anda tidak boleh mengedit langsung dari flashdisk. Pindahkan file Anda terlebih dahulu ke PC atau laptop Anda kemudian edit di sana. Hanya berfungsi flashdisk sebagai perangkat yang 'membawa' data berbasis seluler.

3. Hindari Medan Magnet

Komponen flashdisk bereaksi terhadap medan magnet dan dapat merusaknya. Dengan itu, Anda harus sebisa mungkin menjauhkannya dari barang elektronik yang mengandung medan magnet.

Barang elektronik di sekitar kita yang mengandung medan magnet adalah lemari es, kipas angin, televisi, speaker, telepon pintar, dan home theatre.

Nah, hindari juga mengantongi flashdisk di tas yang sama dengan smartphone karena flash drive bisa langsung rusak ke komponen dan tidak memiliki masa pakai yang tahan lama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes