Ini Mamfaat Ikan Gabus yang Sampai Kepala BNPB Sutopo Sarankan Ibu Ani untuk Memakannya

Image :  dunia-perairan.com

Banyak pihak yang simpatik dan kemudian memberi dukungan juga saran kepada Ibu Ani Yudhoyono terkait kondisinya saat ini.

Setelah dikabarkan menjalani kemoterapi, Ani Yudhoyono belakangan dikabarkan mengalami penurunan dalam kondisi kesehatan. Istri mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono tersebut mengaku bahwa kemoterapi menguras tenaganya.
Salah satu orang yang memberi dukungan adalah Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tentu saja dukungan dari Sutopo juga tidak terlepas dari fakta bahwa dirinya merupakan seorang penyintas kanker.

Bahkan, Sutopo mengirim doa kepada Ani saat dirinya sedang menjalani kemoterapi ke-8 di RSPAD Jakarta.

"Sengaja saya mengirimkan doa untuk kesembuhan Ibu Ani SBY dari sakit kanker darah. Saat ini beliau sedang dirawat di NUS Hospital Singapore," kata Sutopo dalam video berdurasi 57 detik, Kamis (14/2/2019), sebagaimana
i ditulis intisari.grid.id (21/04/19)
 
Tak hanya doa, Sutopo juga memberikan tips sehat untuk Ani Yudhoyono. Salah satunya khusus untuk mengatasi efek dari kemoterapi.

"Untuk mengurangi efek kemoterapi itu, perbanyak minum jus buah naga, bit dan buah lainnya. Minum air putih yang banyak untuk melarutkan cairan kemo di tubuh. Makan ikan gabus atau yang protein tinggi. Minum penambah nafsu makan. Coba untuk meditasi untuk menenangkan hati," papar Sutopo.

"Semoga Ibu cepat sembuh dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Semangat ya Bu Ani SBY," pungkas Sutopo.

Ikan Gabus

Salah satu saran dari Sutopo yang paling mendapat sorotan adalah saran untuk mengonsumsi ikan gabus.

Ikan yang belakangan sulit untuk diperoleh tersebut, terlihat dari seringnya restoran penyaji menu Betawi yang tak bisa menyajikan gabus pucung, ternyata memiliki salah satu manfaat ajaib bagi mereka yang baru menjalani operasi.

Ikan ini diklaim efektif sekali mengeringkan luka pasca operasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan albumin yang ada pada ikan gabus yang sangat tinggi.

Albumin ini dapat mempercepat tubuh memperbaiki serta memperbarui pembentukan sel tubuh manusia. Kandungan albumin pada ikan gabus juga disebut-sebut lebih tinggi dari salmon, yaitu 30 persen lebih tinggi.

Ikan yang banyak ditemui di perairan tawar ini juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan ikan jenis lain, bahkan dibandingkan dengan ayam.

Dalam 100 gram ikan gabus mengandung energi sebesar 80 Kkal, 16,2 gr protein, 0,5 gr lemak, 2,6 gr karbohidrat hingga 170 mg kalsium.

Sedangkan untuk 100 gram ayam mengandung energi sebesar 298 Kkal, 18,2 gr protein, 25 gr lemak dan 14 mg. [inttisari.grid.id, 21/4/19]
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed with by Way2themes | Distributed by Blogspot Themes